test

Cerpen Mawarku Karya Mj Tinx
Cerpen Mawarku Karya Mj Tinx


Mawarku
Karya : Mj Tinx

     Suatu hari, Ayu dan teman-temannya satu kantor sedang berlibur. Mereka mengunjungi Kota Jakarta dan Bandung. Mereka pun menyempatkan untuk mampir ke Kebun Raya Bogor. Tak sengaja, ada sebuah penjual bunga yang ramai dikunjungi para wisatawan. Ayu langsung mendekat dan mengamati bunga yang ingin dia beli.
“Hai ... kau sedang apa?” tanya Bagus sambil menepuk pundak Ayu.
“Sedang makan, jelas-jelas aku sedang memilih bunga,” jawab Ayu, menoleh ke wajah Bagus, lalu kembali memilih bunga.
“Ini saja cantik Yu, bunga melati putih. Melambangkan kesucian dan keelokan budi, harum tapi tidak menusuk hidung,” ujar Bagus seraya menunjukkkan bunga yang dimaksud, “Yu, kau tahu tak, salah satu jenis bunga melati yaitu Melati Putih (Jasminum sambac) ditetapakan sebagai puspa bangsa, satu dari tiga bunga nasional Indonesia, berdasarkan Kepres Nomor 4 Tahun 1993. Hebat, kan itu bunga.”
“Ya ya ... hebat. Tapi aku sendang mencari bunga mawar,” kata Ayu yang terus mencari bunga kesukaannya. 
“Mengapa kamu suka bunga mawar, sih?! Bunga itu banyak durinya, kau bisa terluka saat memegangnya.”
“Nanti kau juga akan tahu, mengapa aku suka bunga mawar”
Ayu masih tetap mencari bunga itu. 
“Bunga ini saja,” ucap Bagus seraya menunjukkan sebuah bunga angrek warna putih, “bunga ini melambangkan kesucian, kemewahan dan lainnya, banyak deh pokoknya. Kau pasti suka, kan?”
Ayu menggeleng. 
“Aha ... ketemu.” Sebuah bunga mawar Ayu temukan di antara bunga-bunga yang berjejer rapi di atas lapak seorang penjual. 
Ia kemudian membeli dan membayarnya. 
“Aku titip bunga ini, ya? Aku mau beli sesuatu,” ujar Ayu, lalu pergi meninggalkan Bagus seorang diri. 
Ada seorang wisatawan lain datang. Mereka duduk di sebelah Bagus. Bagus yang sedang asik main game di HP-nya, ternyata lupa akan bunga titip Ayu. Saat dia balik lagi, ternyat bunga itu sudah tak ada di genggaman Bagus. 
“Bagusss ... aku sudah bilang titip sebentar ke kamu, coba sekarang mana? Bunganya hilang, kan?” 
Ayu kesal. Bagus pun langsung minta maaf. 
“Sorry Yu, aku tidak sengaja, tadi aku letakkan di sini. Persis di sebelahku,” ujar Bagus sambil berlutut, “maafkan aku tuan putri.”
“Apa-apaan kau Gus, cepat berdiri, malu tahu.”
Ayu pun pergi meninggalkan Bagus menuju bus. Brukkk ... 
Sebuah buku catatan Ayu terjatuh dari dalam tas rangselnya. Bagus berlari mengejarnya, tapi Ayu sudah cepat menghilang dari hadapannya. 
“Mawarku? Buku apa ini?” Bagus bergumam. Penasaran dengan buku itu dia pun membacanya, “maaf Yu, aku baca bentar, ya?”


“MAWAR CANTIK NAN BERDURI"
Tanaman mawar memang diciptakan dengan sangat menakjubkan. Jika kita melihat bunganya yang indah dan memiliki kelopak bunga yang bertumpuk dan mekar perlahan dengan cantiknya, pasti siapapun akan terpesona. Ditambah lagi dengan ragam jenis warna bunga mawar yang begitu banyak dan cerah. Semua orang yang mempunyai warna kesukaan berbeda-beda pasti bisa mendapatkan warna mawar kesukaannya, dari warna merah, putih, merah muda, oranye, ungu, kuning dan bahkan warna campuran.

Menurut filosofinya, keindahan bunga mawar melambangkan kecantikan perempuan. Seperti yang kita ketahui, bunga mawar pada saat kuncup saja terlihat sangat segar dan cantik. Sama seperti gadis remaja yang beranjak dewasa. Ketika mekar, kelopak bunganya akan terbuka sedikit demi sedikit dan akhirnya memperlihatkan kecantikannya yang sempurna sama seperti wanita dewasa yang sudah memasuki usia matang. Di sisi lain, keragaman warna mawar dapat dianalogikan sebagai sifat dan karakter kecantikan hati yang berbeda beda dari setiap wanita. Ada yang berjiwa pemberani dan penuh gairah seperti bunga mawar merah, ada yang penuh keceriaan dan kehangatan seperti mawar kuning, ada yang tenang dan bijaksana seperti mawar putih, ada yang lembut dan melankolis seperti bunga mawar merah muda.

Seperti yang kita ketahui bersama, bunga mawar sejatinya adalah bunga yang masuk dalam kategori tumbuhan semak. Tumbuhan seperti ini biasanya sangat kuat, tumbuh dengan pesat dan bahkan mampu bertahan tanpa adanya naungan. Hal lain yang membuat tanaman ini terlihat makin tangguh adalah duri-duri yang menghiasi seluruh tangkainya. Biasanya memang jumlah dan ketajaman duri mawar setiap jenis spesies berberda beda. Ada yang mempunyai duri jarang dan tidak tajam namun ada beberapa spesies mawar yang memiliki duri yang banyak dan juga tajam, seperti contoh adalah bunga mawar kelompok mawar liar. Lantas apa kaitan dari kriteria ini dengan filosofi bunga mawar selain yang sudah dibahas sebelummya?
Sosok tanaman mawar yang kuat dan berduri inilah yang menjadi dasar filosofi bunga mawar sebagai lambang wanita yang kuat walapun berjiwa lembut dan penuh kasih sayang. Duri-duri yang melindungi bunga mawar dari sentuhan asing orang yang ingin mengambil bunganya mungkin sangat tepat menggambarkan kekuatan wanita untuk melindungi kehormatan dan harga dirinya. Seperti yang kita pahami sejak dulu wanita sangat rentan terhadap eksploitasi dan ancaman dunia bebas, oleh sebab itulah wanita dibekali dengan karakter yang kuat seperti duri yang tajam pada bunga mawar yang bisa dengan mudah melukai orang yang tidak hati-hati dan bahkan mencoba untuk menggenggamnya. Tapi di dalamnya diciptakan hati yang bersinar dan penuh kasih sayang, secantik bunga mawar dengan beragam warna yang bisa menjadi sangat indah bila kita merawatnya dengan baik dan penuh cinta pula.” 
-
“Ohhh ... pantesan Ayu suka bunga mawar, oke suatu saat aku akan menggantinya Yu, tenang saja,” gumam Bagus seraya berjalan menuju bus.

-Selesai-
Reactions:

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top