test

Cerpen Kisah Indah Di Ujung Senja Karya Achenk Koesnoisme


Kisah Indah Di Ujung Senja
Oleh : Achenk Koesnoisme


Senja di deretan lapak kaki lima. Tampak goresan cemas terlukis tajam pada wajah pedagang bubur, yang sedari pagi hanya menjual seporsi bubur kacang ijo.
"Njenengan itu kenapa toh, Cak? Lagi galaukah?"
"Saya ndak pa-apa, Mbak?"
"Ndak apa-apa kok wajahnya dijelek-jelekin gitu?" tanya Mbak Endasari. "Baru putus sama pacarnya, yo? Apa, ditinggal nikah? Atau jangan-jangan orang tua pacarnya ndak mau ngasih restu?"
Bukan Mbak Endasari namanya, kalau tidak memberikan pertanyaan bertubi-tubi. Pantas saja dia mendapat julukan, Mis Kepo.
Tanpa menjawab pertanyaan tadi, Cak Alif membereskan dagangannya sambil berkata, "Saya mau pulang duluan, Mbak. Tambah sore, tambah sepi."
"Pacarnya lagi hamil yo, Cak?"
"Sembarangan sampean, Mbak. Saya itu bingung karena dagangan saya ndak ku-laku dari pagi, ta'iye," ucap Cak Alif sambil beres-beres.
"Njenengan masih enak, Cak. Ndak laku masih bisa dimakan sendiri, atau ditukar pahala dengan membagikannya ke tetangga sing butuh. Lah saya jual es, biar ndak laku yo tetep entek. Duit entek, dagangan entek."
Cak Alif hanya 'nyengir' sambil siap-siap mendorong gerobaknya.
"Ntop ...! Au e ana, lo?"
"Mau pulang, Mbak. Dari tadi sepi, ta'iye."
"Nak aja, lo. Ayal ulu uang apak!"
Terlihat Le Bintang Pagi, preman kampung yang sudah langganan keluar masuk bui, meminta upeti.
"Saya bayar bubur saja ya, Mbak? Soalnya hari ini sepi
sekali, ta'iye."

"Ue gak utuh ubur, ue utuh uit uat abok!"
Karena takut, Cak Alif pun memberikan uang lima ribu yang cuma satu-satunya hasil jualan hari ini.
Anehnya, Mbak Endasari yang biasanya hoby bertanya, saat ada Preman Le kebiasaanya itu seketika menghilang.
-o{KWE}o-
Di tengah jalan, Cak Alif bertemu dengan Hansip Airi yang selalu terlihat gagah dengan seragam ijo lumut dan pentungan menyentel pada sabuknya.
"Sore, Mbak Hansip," sapa Cak Alif sambil mendorong gerobaknya.
"So-so ... re, Cak. Cem-cem ... mana da-da ... gang i-i ... ni hari?" tanya Hansip Airi.
"Sepi sekali, ta'iye."
"Se-se ... be-be ... narnya a-a ... wak pe-pe ... ngen kali ma-ma ... kan bu-bu ... bur ko. Ta-ta ... pi a-a ... wak be-be ... lum gajian, Ca-ca ... Cak."
Tanpa banyak bicara, Cak Alif yang paham maksud dan tujuan Hansip Airi, segera memberikan sebungkus bubur ketan item.
"Ma-ma ... kasih, Cak. Ka-ka ... lo a-a ... da yang gang-gang ... gu lapak ko, bi-bi ... lang sa-sa ... sama awak," ucap Hansip Airi setelah mendapat bubur gratis.
Mendengar itu Cak Alif langsung 'curhat' tentang perlakuan Preman Le padanya.
"Bah! Be-be ... rani ka-ka ... li ku-ku ... ti-ti ... lang itu, di-di wilayah awak!"
Akhirnya sambil membawa sebungkus bubur ketan item, Hansip Airi langsung berniat mencari Preman Le.
Sepeninggal Hansip Airi, Cak Alif yang hendak kembali mendorong gerobaknya. Tiba-tiba dihentikan oleh Pak Yan, tukang odong-odong.
"Lip, bungkusin gue bubur kacang ijo lima porsi, dong."
"Buat leh-oleh keluarga di rumah ya, Pak?"
"Iye nih, Lip. Sebenernye sih bini gue yang pingin banget ame bubur lo. Tapi, rasenye kagak adil kalo gue kagak beliin anak-anak juga," ucap Pak Yan yang turun dari odong-odongnya.
"Sungguh bapak yang baik."
Sambil membungkus pesanan Pak Yan, Cak Alif menceritakan apa yang ia alami hari ini.
"Sabar, Lip. Ntu ujiannye orang usahe. Lagian lo udeh dapet gantinye dari gue," jelas Pak Yan menasehati.
"Ma kasih, Pak," ucap Cak Alif sambil memberikan bubur.
"Loh, kok ada enam bungkus, Lip?"
"Iya, Pak. Satunya buat yang di dalam perut, ta'iye."
"Kok lo tau bini gue hamil lagi, Lip?"
"He he he ..., isri Pak Yan kan kalo yang-siang suka pon-telponan sama saya, ta'iye. Opss ... keceplosan."
-o{KWE}o-
"Ku-ku ... tilang, cem-cem ... mana pu-pu ... la ko be-be ... rani me-me ... ngaco di-di wilayah a-a ... wak?"
"Mong apa cih, lo? Ue ucing engelna."
"A-a ... wak pu-pu ... pun pu-pu ... sing kali, de-de ... ngar ko ca-ca ... kap!"
"Gak sah anyak omong lo, ayo ita atem aja di ini!"
"Tu-tung ... gu lah be-ben ... tar, a-a ... wak ma-ma ... kan bu-bu ... bur du-du ... dululah," Hansip Airi mengeluarkan sebungkus bubur dari saku celananya.
"Agi dong, Ai. Ikit aja."
"Ya su-su ... dah, si-si ... ni lah. Ki-ki ... ta ma-ma ... kan be-ber ... dua, bi-bi ... ar ka-ka ... kalo na-na ... nanti berantem sa-sa ... ma kuatnya."
TAMAT ....
-o{KWE}o-
Senja sering dinantikan untuk mengetahui hasil pencapaian. Senja juga sering dijadikan tempat memadu kasih. Apapun itu, semoga kita selalu dapat bertemu senja dalam keadaan sehat jiwa dan raga. Aamiin ....
Reactions:

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top